Profil Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNTAN

1. Identitas Program Studi
Program Studi (PS) : Pendidikan Fisika
Jurusan/Departemen :Pendidikan MIPA
Fakultas :Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Perguruan Tinggi :Universitas Tanjungpura
Nomor SK pendirian PS (*) :178/D/T/2003
Tanggal SK pendirian PS :30 Januari 2003
Penyelenggaraan PS :  Agustus 2003
Nomor SK Izin Operasional (*) :2998/D/T//2007
Tanggal SK Izin Operasional :  11 Oktober2007
Peringkat (Nilai) Akreditasi terakhir : B
2. Struktur Organisasi
Struktur Organisasi Program Studi Pendidikan Fisika

Ketua Prodi Pendiikan Fisika : Dr. Stepanus Sahala S, M.Si

Ketua Pengelola APK: Dr. Haratua Tiur Maria S, M.Pd

Kepala Lab : Hamdani M.Pd

3. Visi

Menjadi program studi yang unggul dalam pendidikan fisika berlandaskan nilai-nilai Pancasila

4. Misi
  1. Menyelenggarakan pembelajaran dan pendidikan fisika yang berkualitas dengan memanfaatkan teknologi.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang inovatif dalam bidang pendidikan fisika dan teknologinya untuk menunjang pembangunan daerah, nasional dan global.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat berbasis riset pendidikan fisika dan terapannya.

Menjalin kerjasama dengan pihak-pihak lain pada tingkat  regional, nasional dan internasional.

5. Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten, adaptif, berintegritas dan berkarakter Pancasila.
  2. Menghasilkan berbagai karya penelitian yang berkualitas dan berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran fisika.
  3. Memberikan pelayanan dan solusi terhadap permasalahan pendidikan fisika kepada masyarakat.
  4. Menghasilkan kesepakatan kegiatan bersama dengan berbagai pihak.

6. Profil Lulusan Pendidikan Fisika

Profil LulusanDeskripsiKemampuan yang Diperlukan
Calon Guru FisikaCalon guru IPA dan Fisika.Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)
Tenaga KependidikanLaboranKemampuan mengelola laboratorium IPA/Fisika
Peneliti Pendidikan FisikaPeneliti pemula di bidang Pendidikan Fisika.Penguasaan metode penelitian.Penguasaan materi fisika yang diteliti.Menulis karya ilmiah dari hasil penelitian.Etika dalam penelitian.
EdupreneurWirausaha di bidang pendidikan fisika.Kemampuan leadership. Kemampuan manajerial.Pengembangan media pembelajaran.